Sabtu, 13 Maret 2010

Profil Pondok Pesantren Jamiatul Ikhwan


PONDOK PESANTREN JAMIATUL IKHWAN MALANGGAH TUNJUNG TEJA

KABUPATEN SERANG - BANTEN

A. IFTITAH

Sejarah berdirinya yayasan jamiatul ikhwan tidak bisa terlepas dari sejarah pondok pesantren himmatul Alyah cigentong dan al maghfurlah KH.mohammad Arja.oleh karena itu akan diuraikan secara singkat sejarah pondok pesantren himmatul aliyah serta perkembangannya sampai sekarang.

Pondok pesantren Himmatul Aliyah cigentong yang didirikan pada tahu 1982 oleh al maghfurlah KH.mohammad Arja merupakan salah satu pondok pesantren yang dikenal dibanten oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh sebuah kenyataan bahwa pesantren himmatul aliyah telah mampu menunjukan perannya dalam membina ummat menyiapkan kader kader bangsa yang memiliki integritas wawasan dan kedalaman ilmu yang diikuti dengan landasan keimanan dan ketakwaan yang mantap.

Dalam perkembangan selanjutnya,pada tahun 1996 al maghfurlah KH.mohamma arja memanggil salah satu muridnya yang tinggal masih di daerah malanggah yaitu KH.A.khudori yusuf dan beliau meminta kepada muridnya itu untuk mendirikan pondok pesantren di kampung pasir buntu desa malanggah kecamatan tunjung teja kabupaten serang,maka pada tahun itu juga didirikanlah pondok pesantren dikampung itu yang kemudian diberikan nama PONDOK PESANTREN JAMIATUL IKHWAN.nama jamiatul ikhwan itu sendiri adalah pemberian salah satu guru kh.a.khudori yusuf yaitu KH.Abbas ali kramat watu serang banten.selanjutnya keberadaan pondok pesantren Jamiatul Ikhwan Malanggah Tunjungteja tidak dapat dipisahkan dari KH.Abbas Ali dan al Maghfurlah KH.Mohammad Arja.

Berkah dari doa dan dukungan daripada guru-gurunya serta bimbingan orang tuanya maka pondok pesantren Jamiatul Ikhwan yang dipimpin oleh KH.A.khudori Yusuf mengalami kemajuan diberbagai bidang baik dibidang sarana prasara pesantren (pendidikan non formal) maupun pendidikan formal. Kemajuan kemajuan bidang pendidikan formal diantaranya: berdirinya Madrasah Diniyah, Taman Kanak-Kanak, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, pendidikan al Qur’an prasarana meliputi pergedungan dan beberapa bidang tanah untuk pengembangan pesantren baik dibidang pendidikan formal, non formal, maupun program pendidikan keahlian (life skill).

Keberhasilan KH. Ahmad Khudori Yususf Lc, tidak hanya dalam dunia pesantren saja, pengabdian dan karya baktinya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengukir sejarah nasional yang tak akan pernah terlupakan.

Yayasan Pondok Pesantren Jamiatul Ikhwan secara resmi diikrarkan pada tanggal 6 April 1999 dengan Akte Notaris Ny Subandiyah Ammar Asof Nomor 05, dan saat ini berdiri diatas tanah seluas + 14.000 M2 berlokasi di Kp. Pasir Buntu, Desa Malanggah, Kecamatan Tunjungteja Kabupaten Serang. Ke beradaan dan perkembangan semakin tampak dengan bertdirinya lembaga-lembaga yang ada dibawah lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Jamiatul Ikhwan, di antaranya :

1. Raudlatul Athfal (RA)

2. Taman – Taman Kanak (TK)

3. Madrasah Diniyah Awwaliyah

4. Madrasah Tsanawiyah (MTs)

5. Madrasah Aliyah (MA)

6. Majlis Taklim

7. Bahtsul Masail

8. Panti Suhan untuk Anak-anak yatim-piatu,

B. PONDOK PESANTREN JAMIATUL IKHWAN

a. Gambaran Umum

Pondok Pesantren Jamiatul Ikhwan Malanggah Tunjungteja Serang, adalah salah satu lembaga pendidikan nonformal darti sekian banyak model pendidikan serupa yang ada di Indonesia. Yang mempunyai Visi dan Misi sebagai berikut:

  1. Visi

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa dengan Menciptakan Insan yang beriman, bertaqawa, berilmu cakap, berakhlakul karimah baik secara praktis maupun teoritis.

  1. Misi
    1. Membuktikan dan mengaplikasikan diri sebagai lembaga pesantren yang unggul dan professional.
    2. Menyiapkan para santri yang mampu memahami ilmu-ilmu Agama Islam, dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
    3. Menyiapkan dan mendistribusikan alumni yang mampu mengembangkan diri sebagai abdi masyarakat khususnya dalam bidag agama dan mampu menjawab tantangan global.

Tidak ada komentar: